Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Vaksin Wajib Yang Direkomendasikan Untuk Bayi

VAKSIN WAJIB YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK BAYI

Pemberian vaksin atau imunisasi berfungsi untuk mencegah anak dari penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh anak tersebut. Penelitian membuktikan, anak yang tidak diimunisasi punya risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian.

Beberapa jenis imunisasi wajib, yaitu :

  1. Hepatitis B

Vaksin ini diberikan pas bayi baru lahir, paling baik diberikan maksimal 12 jam setelah bayi lahir. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penularan hepatitis B dari ibu ke anak saat proses kelahiran.

  1. Polio

Vaksin polio diberikan sebanyak 4 kali sebelum bayi berusia 6 bulan. Vaksin ini bisa diberikan pada saat lahir, kemudian pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Vaksin ini diberikan untuk mencegah lumpuh layu.

  1. BCG

BCG hanya diberikan 1 kali dan disarankan sebelum bayi berusia 3 bulan. Paling baik diberikan saat bayi berusia 2 bulan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah kuman tuberculosis yang dapat menyerang paru-paru dan selaput otak yang bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian.

  1. Campak

Vaksin campak diberikan sebanyak 2 kali, yaitu pada usia 9 bulan dan 24 bulan. Namun, vaksin campak kedua pada usia 24 bulan tidak perlu lagi diberikan ketika anak sudah mendapatkan vaksin MMR pada usia 15 bulan. Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit campak berat yang dapat menyebabkan pneumonia (radang paru), diare, dan bahkan bisa menyerang otak.

  1. Pentavalen (DPT, HB, HiB)

Pentavalen (DPT, HB, HiB) merupakan vaksin gabungan dari vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), vaksin HB (Hepatitis B), dan vaksin HiB (Haemophilus Influenza Tipe B). Vaksin ini diberikan untuk mencegah 6 penyakit sekaligus, yaitu difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis (radang otak). Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali, yaitu pada usia 2 bulan, 8 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan.

Vaksin-vaksin tersebut harus diberikan lengkap sebelum anak berusia 1 tahun.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.