Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Traveling dengan Pesawat

Moms, pasti banyak ya kan yang sudah mau mudik lebaran/traveling membawa si kecil, baik traveling dalam negeri maupun luar negeri. Solusi laktasi akan memberikan tips dan trik agar bayi dan moms nyaman dalam bertraveling menggunakan pesawat terbang.

  1. Alat-alat yang perlu dibawa saat terbang : earmuff (penutup telinga) atau kapas kecil yang berfungsi untuk menutup telinga.
  2. Tidak boleh lupa membawa apron/selimut/selendang untuk menutupi bayi ketika menyusui disaat take off di dalam pesawat dan ketika landing.
  3. Pakailah baju yang nyaman baik moms ataupun bayi, moms memakai baju yang mudah dibuka/sebaliknya memakai baju dengan kancing bisa dibuka bagian depan, bayi memakai baju kodok yang bisa dibuka di bagian bawah sehingga kalau bayi BAB lebih mudah dibersihkan.
  4. Bila moms termasuk mengalami LDR (Let Down Reflex), jangan lupa membawa breast pad, sehingga tidak bolak-balik mengganti baju karena basah.
  5. Dibeberapa pesawat terbang ada fasilitas rak yang berfungsi sebagai tempat tidur bayi (khusus untuk perjalanan ke luar negeri yang cukup jauh). Jadi moms boleh menanyakan fasilitas tersebut kepada pramugari pesawat.
  6. Tidak lupa membawa cemilan untuk moms yang biasanya suka kelaparan sehabis menyusui.
  7. Vitamin untuk moms perlu juga dibawa dan diminum ketika jalan-jalan, sehingga kesehatan moms tetap terjaga.
  8. Yang paling penting jangan lupa membawa alat-alat untuk selfie : topi lebar, kacamata hitam, handphone canggih, kamera digital, tongsis, dan lain-lain.

Happy Breastfeeding moms……

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.