Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Tanda Bayi Cukup ASI

TANDA BAYI CUKUP ASI

“Bagaimana mengetahui apakah bayi ibu minum dengan baik atau tidak dan apakah ASI ibu cukup untuknya?”

Payudara adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak dapat diukur, tidak transparan, dan tidak memiliki skala seperti botol dot sehingga ibu tidak bisa tahu berapa banyak bayi minum. Memompa untuk mengukur isi payudara juga tidak bisa menjadi patokan karena isi pompa tidak sama dengan isi payudara. Pompa tidak merangsang hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI, sebagaimana bila membelai bayi dan menyusuinya langsung.

Untuk mengetahui bayi ibu minum baik atau tidak, ibu perlu mengamati dan merasakan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bayi melekat baik dengan tanda-tanda seperti disebutkan sebelumnya, menyusu dengan irama (menghisap, menelan, dan bernapas), ibu bisa mendengar suara bayi menelan atau melihat gerakan menelan di lehernya.
  2. Hisapan bayi terasa lembut, nyaman, tidak sakit atau nyeri. Normalnya, menyusui membuat bayi bahagia bukan takut atau stres.
  3. Payudara yang penuh sehabis dihisap bayi akan menjadi lunak dan tidak gerenjel/ merengkel/ berbiji-biji/ ada bagian yang masih bengkak.
  4. Bayi baru lahir akan melepaskan payudara bila ia sudah kenyang, tidur tenang dan tidak rewel.
  5. Buang Air Kecil bayi adalah sesuai hari : umur 1 hari minimal Buang Air Kecil 1 x, umur 2 hari minimal 2 x, dan seterusnya hingga minimal 6 kali dihari ke 6 sampai bayi besar.
  6. BAB bayi akan berubah warna mulai dari hitam pekat, hitam kehijauan, hijau, dan menjadi kuning. Dihari ke 5 normalnya sudah kuning.
  7. Berat badan bayi normalnya akan turun setelah lahir tapi penurunan berat badan tidak boleh lebih dari 10 % berat badan. Berat badan bayi akan naik lagi ke berat lahir, maksimal usia bayi 2 minggu, kemudian berat bayi akan naik baik mengikuti kurva pertumbuhannya.

Apabila tidak terdapat tanda-tanda di atas, besar kemungkinan bayi menyusu tapi hisapannya tidak optimal dan tidak mendapatkan ASI yang cukup.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.