Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Sukses Menyusui Dengan Puting Datar

SUKSES MENYUSUI DENGAN PUTING DATAR? KENAPA TIDAK !

Banyak yang ketika hamil dan mempunyai payudara dengan puting datar sudah membayangkan tidak akan bisa menyusui atau pasti bayi akan susah menyusui dengan berbagai alasan.

Sering kali kita mendengar bahwa ibu A tidak sukses memberikan ASI eksklusif pada bayinya karena putingnya rata atau datar, sehingga bayinya tidak dapat menghisap puting. Lalu ada lagi ibu B yang terpaksa menggunakan “penyambung puting” supaya bisa menyusui bayinya. Tapi, ibu B malah tidak merasa nyaman pada payudara atau putingnya.

Sebenarnya apapun bentuk puting yang ibu miliki, bukan menjadi kendala bahwa ibu tidak bisa menyusui bayinya. Payudara dengan bentuk puting apapun tetap bisa untuk menyusui bayinya, asal ibu mengetahui dan mau mempelajarinya tekniknya.

Teknik menyusui dengan puting datar :

Yang perlu diperhatikan untuk payudara dengan puting datar adalah :

  1. Melakukan massase payudara sambil menarik-narik puting pada usia kehamilan di bawah 7 bulan. Pada usia kehamilan 7 bulan ke atas tidak dianjurkan lagi massase payudara sambil menarik-narik puting karena dapat memicu kontraksi dini (bayi dapat lahir prematur).
  2. Pada usia kehamilan 6 bulan sampai dengan bayi lahir dianjurkan menggunakan nipple former salah satu produk @medela_id, gunanya untuk membantu pengeluaran puting. Digunakan pada pagi hari sampai sore hari. Pada malam hari, apabila merasa tidak nyaman, nipple former boleh tidak digunakan.
  3. Pada awal menyusui bisa sulit, tetapi posisi dan perlekatan yang benar akan sangat membantu. Untuk itu diperlukan bantuan dari dokter laktasi untuk membantu ibu dengan teknik posisi dan perlekatan pada saat bayi menyusu.
  4. Perlu di ingat, bahwa bayi menyusu dari payudara (areola atau bagian lingkaran hitam pada payudara) bukan dari puting.
  5. Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan biarkan bayi melekat sendiri pada payudara.
  6. Hindari penggunaan penyambung puting (nipple shield) pada saat menyusui, karena akan menyakiti puting ibu, serta membuat bayi tidak belajar untuk melekat (latch on) dengan benar pada payudara.
  7. Coba beberapa posisi mendekap bayi. Contoh : Cross Cradle dan Football Clutch.
  8. Menegakkan puting sebelum menyusui atau merangsang puting dengan menggunakan pompa payudara elektrik, atau menarik puting keluar akan membantu puting untuk keluar dengan maksimal.
  9. Membentuk payudara, dengan menopang payudara dari bagian bawah dengan jari-jari, dan menekan bagian atas payudara dengan ibu jari. Tidak memegang payudara terlalu dekat ke puting (C Hold, U Hold atau Tea Cup Hold dan Sandwich Hold.
  10. Apabila kurang mengerti dengen penjelasan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter laktasi untuk meminta bantuan agar proses menyusui dengan puting datar segera diatasi.

Sebenarnya bentuk puting itu tidak menentukan apakah bisa atau tidak untuk menyusui, karena perlekatan yang benar pada proses menyusui adalah bukan menghisap puting tapi memerah pabrik ASI yang terdapat di sekitar areola. Yang harus diingat pada posisi perlekatan yang benar saat menyusui adalah :

  1. Chin : Pastikan bahwa dagu bayi menempel pada payudara ibu.
  2. Areola : Pastikan bahwa yang masuk ke dalam mulut bayi adalah puting dan sebagian besar areola, bukan puting saja dan areola yang berada di atas mulut bayi.
  3. Lips : Pastikan bahwa baik bibir atas maupun bibir bawah bayi berputar keluar (memble) dan tidak terlipat ke dalam ataupun berbentuk manyun.
  4. Mouth : Pastikan bahwa mulut bayi terbuka lebar dan menempel pada payudara ibu.

Dengan teknik pelekatan mulut bayi yang benar pada payudara, serta kenyamanan yang diperoleh pada saat menyusui, akan memperlancar proses menyusui itu sendiri. Jika ibu merasa belum menemukan cara atau posisi yang pas untuk menyusui bayi ibu, karena memiliki puting rata atau datar, segeralah bertemu dengan dokter laktasi untuk meminta bantuan.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.