Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Persiapan Yang di Lakukan Ketika Ibu Mulai Bekerja

PERSIAPAN YANG DILAKUKAN KETIKA IBU MULAI BEKERJA

  1. Pompa ASI

Berbagai cara dapat moms pilih untuk memerah ASI, tergantung pada kenyamanan moms sendiri. Ada ibu yang memilih untuk memerah menggunakan tangan, ada pula yang lebih nyaman memerah menggunakan pompa ASI. Dipasaran sendiri tersedia 2 jenis pompa, yakni pompa manual dan pompa elektrik. Lagi-lagi, pilihan yang akan moms gunakan tergantung pada kenyamanan.

  1. Wadah Penyimpanan ASI Perah

Setelah memerah, tentunya moms membutuhkan wadah untuk menampung ASI. Secara umum, ada 2 jenis wadah penampung ASI Perah yang dijual dipasaran, yaitu botol kaca dan plastik khusus ASI Perah.

  1. Media Pemberian ASIP Selain Dot

Botol dot rentan membuat bayi bingung putting. Bingung puting itu bukan cuma penolakan bayi menyusu di payudara. Tapi juga tentang penurunan produksi ASI. Bayi yang menggunakan dot, daya hisapan alami mulutnya ke payudara berubah seperti menghisap dot, yang menyebabkan pengosongan payudara tidak optimal. Pengosongan payudara yang tidak optimal dapat mengurangi produksi ASI. Salah satu tandanya : hasil perahan menurun, tidak mencukupi kebutuhan bayi lagi.

Media yang dapat digunakan antara lain :

  1. Spuit
  2. Sendok
  3. Pipet tetes
  4. Cup feeder
  5. Soft cup feeder

 

  1. Persiapan Mental

Persiapan mental untuk meninggalkan bayi. Pupuklah sara percaya bahwa sang buah hati akan baik-baik saja di rumah.

  1. Ruang Memerah ASIP

Idealnya, memerah ASI dilakukan di ruangan khusus menyusui, sehingga moms mendapatkan privasi dan kenyamanan selama melakukannya. Namun ada kalanya moms berada di lingkungan tanpa fasilitas tersebut, gunakan ruangan darurat yang bersih dan nyaman. Nursing apron alias celemek menyusui dapat membantu moms menutupi daerah dada selama memerah ASI. Jadi moms lebih nyaman, meskipun tidak berada di lingkungan khusus menyusui.

  1. Foto Anak dan Playlist Musik Menyenangkan

Ketika kita melihat foto anak saat sedang memerah ASI, membuat moms menjadi lebih rileks. Terlebih bagi moms yang bekerja, mungkin saat sedang memerah ASI di kantor pada saat jam kerja, pikiran moms masih bercabang antara pekerjaan dan anak di rumah. Agar produksi ASI tidak terganggu, cobalah lihat foto anak tersayang atau dengarkan musik yang bersifat relaksasi. Diharapkan, produksi ASI tetap lancar dan dapat mencukupi kebutuhan buah hati.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.