Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Perlukah Anak DIberikan Vitamin

PERLUKAH ANAK DIBERIKAN VITAMIN

Vitamin atau suplemen emang diproduksi dengan kandungan nutrisi tambahan yang baik buat tubuh kita. Tapi selama anak lahap menyantap makanannya dengan gizi seimbang, mereka tidak perlu konsumsi suplemen atau vitamin.

Pemberian vitamin atau suplemen pada anak (terutama pada balita) hanya diperlukan bila anak mengalami kondisi tertentu. Nah siapa aja sih yang butuh suplemen atau vitamin tambahan :

  1. Anak yang mengalami diare, asma, dan berbagai kondisi kekurangan zat gizi lainnya.
  2. Anak yang sangat susah makan dan asupan makanannya sangat rendah tiap harinya.
  3. Anak yang sedang mengalami kondisi tertentu dan menjalani diet tertentu atau sesuai dengan anjuran DSA masing-masing.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin atau gizi yang dibutuhkan tubuh :

  1. Susu dan produk susu, contohnya keju dan yoghurt (kalsium, fosfor, vitamin D, dan protein).
  2. Sayuran dan buah-buahan (vitamin, mineral, dan serat).
  3. Sumber protein hewani dan nabati seperti ikan, daging sapi, daging ayam, telur, tahu, tempe (protein, zat besi, seng dan berbagai mineral serta vitamin lainnya.

Jenis makanan yang paling dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, yaitu :

  1. Vitamin A

Membantu pertumbuhan serta perkembangan anak secara keseluruhan, berperan penting dalam memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata (susu, keju, telur ayam, wortel, dan jeruk).

  • Vitamin B

Vitamin B yaitu B2, B3, B6, dan B12 berperan penting dalam metabolisme dan produksi energi dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf (daging sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju, dan kedelai).

  • Vitamin C

Menjaga kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit (strawberry, kiwi, dan jeruk). Selain itu, sayur-sayuran jenis brokoli, tomat, dan berbagai sayuran berdaun hijau tua.

  • Vitamin D

Berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin D sangat penting untuk tulang dan gigi. Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Beberapa sumber lainnya : minyak ikan dari salmon, makarel, susu.

  • Kalsium

Membantu untuk menguatkan tulang pada anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Sumber kalsium yang paling baik yaitu susu, keju, yoghurt, tahu dan berbagai makanan yang sudah di fortifikasi kalsium.

  • Zat Besi

Berfungsi untuk membangun otot dan menjadi salah satu kandungan hemoglobin dalam darah yang mengantarkan oksigen dan makanan keseluruh tubuh (daging, bayam, dan berbagai jenis kacang-kacangan).

Jadi selama anak kita masih lahap dengan makanannya, gak perlu khawatir terus langsung buru-buru kasih vitamin / suplemen karena kalau overdosis vitamin juga tidak bagus, jadi lebih baik sebelum diberikan vitamin atau suplemen dikonsultasikan dulu ke DSA masing-masing.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.