Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Obat Flu Alami Bagi Ibu Menyusui

Obat Flu Alami Bagi Ibu Menyusui

 Gejala flu yang sering terjadi seperti hidung meler, hidung tersumbat, nyeri tubuh, nyeri otot, tidak nyaman dan sakit kepala bisa mengganggu proses menyusui bayi.

Berikut ini adalah rekomendasi obat flu yang paling aman dan efektif untuk ibu menyusui :

  1. Konsumsi makanan tinggi mineral seng.

Semua jenis makanan yang mengandung seng dalam jumlah yang tinggi bisa membuat flu cepat sembuh, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tiram, daging sapi, sereal dan gandum bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi makanan tinggi seng dengan cara memasak semua makanan ini hingga matang.

  1. Makan sup ayam kampung.

Berbagai jenis bahan-bahan dari sup ayam kampung seperti sup kaldu ayam, wortel, brokoli dan jenis biji-bijian bisa membantu ruang pernapasan menjadi lebih baik. Sup ayam kampung juga sangat sehat karena menjadi makanan untuk memperbanyak ASI dan makanan pasca keguguran.

  1. Teh Echinacea.

Teh echinacea adalah bahan herbal yang sangat aman untuk ibu menyusui, yang bisa mencegah infeksi menjadi lebih parah dan membantu ibu menyusui agar tidak menderita flu yang parah.

  1. Ekstra minyak zaitun.

Ada berbagai manfaat dari minyak zaitun seperti untuk mengatasi hidung tersumbat, asma, sakit kepala dan juga membuat tubuh bisa kuat melawan infeksi virus flu. Minyak zaitun mengandung bahan dekongestan yang akan membuat hidung menjadi lebih nyaman, menghilangkan meler/pilek berlebihan, makanan sehat awal kehamilan dan bisa menjadi cara menghilangkan stretch mark saat hamil.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Beberapa jenis sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi, paprika, dan stroberi sangat baik untuk ibu menyusui. Namun konsumsi berlebihan sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan reaksi tidak nyaman seperti kepala sakit, kram perut, mual dan muntah.

  1. Bawang puting.

Bawang putih sangat baik untuk membantu menjaga agar tekanan darah normal, mencegah infeksi akibat flu, dan membantu mencegah kolesterol tinggi.

  1. Jangan lupa istirahat.

Istirahat bisa menjadi cara yang sangat bijak untuk mengobati flu bagi ibu menyusui.

  1. Minyak kelapa.

Minyak kelapa dipercaya bisa mengikat lemak sehat dalam tubuh. Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk memasak sayuran dan lauk.

  1. Teh jahe.

Teh jahe dibuat dengan cara merebus beberapa rimpan jahe dengan air panas, kemudian saring dan minum saat masih hangat. Anda bisa menambahkan lemon atau madu agar rasa teh jahe lebih nikmat. Jahe mengandung polifenol dan gingerol yang bisa membantu menurunkan demam mencegah sakit kepala dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

  1. Teh chamomile.

Teh chamomile bisa menjadi alternatif untuk mengobati flu pada ibu hamil dan juga sebagai cara mengobati kista secara alami. Efeknya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih nyaman, mengatasi kualitas tidur yang buruk dan mencegah peradangan yang sering menyebabkan demam saat flu.

  1. Obat medis untuk ibu menyusui.

Efek obat akan sampai ke bayi karena obat di serap dalam ASI, jadi harus dikonsultasikan dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi obat medis. Di bawah ini jenis kelompok obat medis yang aman untuk ibu menyusui :

  • Diphenhydramine
  • Guaifenesin
  • Ibu profen
  • Balsem Vicks Vaprub

Adapun obat yang akan moms gunakan jika berkaitan dengan obat medis, maka moms harus meminta persetujuan dengan dokter yang merawat. Sementara untuk perawatan herbal dan alami memang bersifat sementara. Jika flu terlalu berat maka sebaiknya moms pergi ke dokter untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kondisi tubuh moms.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.