Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Nursing Strike (Bayi Mogok Menyusu)

NURSING STRIKE (BAYI MOGOK MENYUSU)

 Ada banyak alasan di belakang perilaku bayi yang mendadak tidak mau menyusu. Kondisi ini yang di kenal dengan istilah nursing strike, sering membuat sejumlah ibu stres dan panik. Pasalnya, seperti kita ketahui, ASI memberikan sejuta manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Jadi, ketika si buah hati tiba-tiba tidak mau menyusu, para ibu pun di buat pusing tujuh keliling.

Tenang, moms tidak perlu khawatir. Pasalnya, penyebab paling sering yang mengakibatkan nursing strike adalah bayi merasa tidak nyaman saat menyusu. Beberapa diantaranya, jeritan ibu saat bayi merasa tidak nyaman saat menyusu. Beberapa diantaranya, jeritan ibu saat bayi menggigit puting, suasana bising, pilek, atau gangguan pada tenggorokan.

Untuk mengatasi nursing strike yang mengkhawatirkan tersebut, sebaiknya para ibu disarankan untuk melakukan hal berikut :

  1. Gangguan Fisik

Seorang ibu pernah menemukan secarik kertas menempel pada langit-langit mulut bayi. Setelah kertas tersebut diambil, sang bayi kembali menikmati menyusu ASI seperti sedia kala. Lalu, pada beberapa kasus, nursing strike terjadi karena bayi mengalami infeksi telinga, pilek, gangguan pencernaan, dan tumbuh gigi. Selain itu, perubahan aroma tubuh ibu (parfum atau deodoran baru) juga bisa menjadi penyebab bayi merasa tidak nyaman saat menyusu.

  1. Jangan langsung memberikan dot atau botol susu

Melihat bayi tidak mau menyusu, membuat ibu berpikiran mencari solusi tercepat yaitu memberikan ASI dengan botol susu atau memberikan botol dot. Ternyata, cara tersebut tidak efektif. Sebab, sekali saja bayi merasakan kenyamanan menyusu lewat cara yang berbeda, maka bayi akan melupakan payudara ibu. Sebaiknya, ibu disarankan menunggu hingga waktu menyusui berikutnya, untuk kembali memberikan ASI dengan payudara anda.

  1. Ciptakan waktu berdua dengan bayi

Mandi bersama bayi anda dalam air hangat yang menyenangkan, pastikan payudara moms telah siap memberikan ASI lalu sodorkan pada bayi. Selain itu, moms bisa juga melakukan cara lain yang lebih menyenangkan, yaitu menyusui di udara terbuka. Sebab, udara yang segar dan sinar matahari yang hangat mampu mengembalikan mood bayi untuk menyusu.

  1. Waktu tidur

Masalah nursing strike bisa diselesaikan ketika bayi sedang mengantuk dan bangun tidur. Biasanya pada waktu-waktu tersebut, bayi cenderung lebih lapar dan memiliki selera lebih tinggi untuk menyusu. Namun, jika tidak berhasil, jangan memaksa bayi untuk segera menyusu pada anda.

  1. Musik

Pilih musik yang lembut dan menyenangkan. Dengarkanlah berdua dengan bayi anda. Selain itu, cara lain yang sangat direkomendasikan adalah menimang bayi sembari anda bersenandung pelan ditelinganya mendengar suara ibu yang lembut membuat bayi jadi lebih tenang.

Segeralah berkonsultasi ke dokter laktasi untuk mengetahui masalah kesehatan yang membuat bayi moms mogok menyusu (Nursing Strike).

Adakah anak ibu-ibu yang sama pernah mengalami nursing strike? Share dong moms, biasanya anak nursing strike karena apa?

 

 

2 komentar untuk “Nursing Strike (Bayi Mogok Menyusu)”

  1. Hallo dok, baby saya menolak menyusu di sblh kanan, kmrn sempat bengkak dada saya, wl gt sy pksa jg untk memyusu. Stlh sdh tdk bengkak lagi malah gak mau menyusu
    Gmn y dok solusinya

    1. halo selamat siang mbak amelia rahmi :
      Cara Mengatasi Bayi Yang Hanya Ingin Menyusu Dari Satu Payudara
      1. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter ahli jika ada infeksi pada payudara dan infeksi telinga.
      2. Biasakan membersihkan lendir hidung bayi sebelum mulai menyusu jika hidung bayi tersumbat. Ini sedikit mengurangi ketidaknyamanan bayi saat menyusu.
      3. Susui bayi dari payudara yang tidak dia sukai terlebih dahulu selama beberapa menit atau sampai bayi terbiasa. Kemudian tawarkan payudara yang disukai bayi, ulangi beberapa kali. Jika bayi masih menolak menyusu di payudara yang tidak disukainya, ASI boleh diperah dan disimpan sebagai stok.
      4. Susui payudara yang ditolak bayi saat malam hari ketika bayi mengantuk. Biasanya bayi tidak akan menolak payudara yang ditawarkan padanya saat kondisi setengah tertidur.
      5. Jika payudara terlalu penuh, perah terlebih dahulu payudara sebelum disusui. Biasanya bayi sulit melekat dengan baik pada payudara yang terlalu penuh.
      6. Kondisi aliran ASI yang terlalu deras disiasati dengan menopang payudara posisi gunting. Posisi gunting tidak dianjurkan pada kondisi aliran ASI yang normal atau lambat
      7. Belajar untuk mengganti posisi menyusui, temukan posisi baru yang membuat bayi dan moms merasa nyaman.
      8. Pada bayi yang mudah mengalami pengalihan perhatian, maka menyusui bayi di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.
      9. Pastikan bahwa payudara yang tidak disusui secara langsung oleh bayi diperah secara rutin dan simpan sebagai stok.
      10.Bila moms memerlukan bantuan, segeralah berkonsultasi ke dokter laktasi untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Sabar dan konsisten adalah kunci utamanya.

      semoga bisa membantu 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: