Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Manfaat Susu Almond Untuk Ibu Menyusui

MANFAAT SUSU ALMOND UNTUK IBU MENYUSUI

 Kebutuhan nutrisi pada ibu menyusui lebih tinggi dibandingkan dengan wanita normal. Ibu menyusui membutuhkan mineral dan vitamin demi terjaganya kualitas ASI yang diberikan kepada bayi. Kualitas ASI ini penting bagi ibu yang menjalankan program ASI eksklusif. Program ASI eksklusif sebaiknya dilakukan oleh setiap ibu karena banyaknya manfaat ASI untuk bayi yang sudah diketahui dan terbukti. Demi suksesnya pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama hidup bayi, jumlah dan kualitas ASI harus terjaga agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi selalu berjalan ke arah yang lebih baik.

Kacang almond merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Ada banyak macam olahan kacang almond yang dapat dikonsumsi, salah satu yang cukup familiar adalah susu kacang almond.

Susu kacang almond merupakan olahan dalam bentuk suspensi dari sari kacang almond. Pengolahan pada susu kacang almond hampir sama dengan pengolahan pada sari kacang kedelai.

Manfaat susu kacang almond :

  1. Melancarkan ASI

Susu kacang almond memiliki manfaat sebagai pelancar ASI karena berasal dari olahan susu kacang almond yang sudah di kenal lama sebagai pelancar ASI. Pengolahan kacang almond menjadi susu kacang almond tidak merubah kinerjanya dalam melancarkan ASI. Mengkonsumsi susu kacang almond lebih praktis dan memiliki rasa yang enak dibanding kacang almond biasa.

  1. Menjaga kesehatan kulit ibu

Vitamin E salah satu vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan kulit. konsumsi vitamin E dapat mempercantik dan memperhalus kulit baik di wajah maupun pada tubuh. Kandungan vitamin E yang terdapat  pada susu kacang almond dapat digunakan manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik kulit. Bagi ibu menyusui, manfaat ini bisa dirasakan oleh ibu maupun bayi.

  1. Memperkaya kandungan nutrisi pada ASI

Susu kacang almond merupakan salah satu susu nabati yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Almond sebagai bahan dasarnya saja sering disebut sebagai superfood yakni makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi. Konsumsi susu kacang almond bagi ibu menyusui dapat memperkaya kandungan nutrisi pada ASI sehingga dapat memperlancar proses pertumbuhan dan perkembangan bayi serta terhindar dari gangguan tumbuh kembang anak dan bayi.

  1. Membantu dalam perkembangan otak bayi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam masa meyusui bukan hanya sekedar bentuk fisik saja, melainkan juga perkembangan otak bayi yang harus diperhatikan. Asam folat dan vitamin E yang terkandung dalam susu kacang almond dapat membantu perkembangan otak bayi.

  1. Membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Susu kacang almond juga mengandung kalsium yang cukup banyak. Kalsium ini sangat penting dibutuhkan selama masa menyusui. Manfaat susu kacang almond untuk ibu menyusui bukan hanya sebagai pemenuhan asupan kalsium ibu tetapi juga dapat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.