Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

MANFAAT PUASA BAGI IBU MENYUSUI

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, begitu juga dengan ibu menyusui. Ibu menyusui boleh melakukan puasa apabila ia sudah mantap dan kuat untuk menjalaninya. Namun, dokter menganjurkan bahwa untuk ibu yang menyusui secara eksklusif (usia bayi kurang dari 6 bulan) untuk tidak menjalankan puasa terlebih dahulu.  Tapi tidak masalah apabila ibu menyusui tetap menjalankan puasa di bulan ramadhan, karena memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat puasa bagi ibu menyusui? Berikut penjelasannya :

  1. Mencegah Terjangkit Penyakit

Maksud disini adalah dapat mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh pola makan yang berlebihan ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Bagi ibu menyusui, apabila kelebihan kolesterol dan trigliserida yang cukup tinggi dapat mempengaruhi kualitas ASI yang diberikan kepada sang bayi. Apabila ASI yang diberikan tidak berkualitas, maka kemungkinan yang terjadi adalah anak mudah terserang penyakit dan juga kesehatannya terganggu, karena ASI yang di minum oleh bayi merupakan bagian dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Maka berpuasa sangat bermanfaat untuk ibu menyusui agar kondisinya tetap terjaga.

  1. Sebagai Detoksifikasi Alami

Yang dimaksud disini adalah ketika berpuasa tentunya kita mengurangi asupan makanan yang masuk di dalam tubuh. Dalam artian dengan berpuasa itu berarti kita membatasi asupan kalori maupun lemak yang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga dapat menghasilkan enzim antioksidan alami yang dapat membersihkan zat yang bersifat beracun dalam tubuh.

  1. Dapat Mengurangi Kadar Kalori

Setelah puasa kemudian dilanjut solat magrib dan dilanjut isya serta tarawih, maka secara otomatis tubuh kita dapat membakar sekitar 200 kalori per harinya (jika dilakukan secara rutin).

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika seseorang berpuasa, secara alami tubuhnya akan melakukan peningkatan HDL (Kolesterol Baik), dan juga penurunan LDL (Kolesterol Jahat) dimana hal tersebut baik bagi pembuluh darah dan kesehatan jantung seseorang. Ibu menyusui pun demikian, kesehatan jantungnya tetap terjaga.

  1. Menjaga Psikologis Ibu Menyusui

Ketika seseorang berpuasa tentu saja mereka diharuskan menahan amarah. Begitu juga dengan ibu menyusui yang harus bersabar ketika sang bayi rewel. Situasi seperti ini sangat baik bagi ibu menyusui karena dapat mencegah terserang penyakit pembuluh darah, stroke, jantung koroner dan yang lainnya.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Ketika berpuasa sistem imunitas seseorang tidak akan melemah, malah justru meningkat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menyimpulkan bahwa ketika seseorang berpuasa terjadilah peningkatan jumlah limfosit 10 kali lipat dari biasanya dimana akan memberikan pengaruh dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Begitu juga ibu menyusui tidak perlu khawatir akan kondisinya yang lemah. Yang terpenting adalah rasa percaya diri dan niat yang kuat disertai doa.

  1. Mencegah nyeri

Ketika ibu menyusui usia 1-3 bulan tentunya malah dapat merasakan nyeri ketika melahirkan. Namun dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral dalam tubuh ibu menyusui, dimana hal tersebut dapat membuat rasa nyeri yang terasa perlahan-lahan mulai menghilang.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.