Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Let Down Reflex (LDR)

Let Down Reflex (LDR)

 Mungkin beberapa dari moms jarang mendengar istilah let down reflex atau malah baru mendengar istilah ini. Let Down Reflex (LDR) adalah refleks alami yang terjadi pada ibu saat menyusui bayinya.

Apa itu Let Down Reflex (LDR) ?

LDR adalah refleks yang membantu ASI moms keluar lebih lancar saat menyusui, sehingga jika let down reflex berhasil terjadi pada ibu, ASI yang diberikan ke bayi dapat memenuhi kebutuhan bayi. LDR terjadi secara alami jika moms menyusui bayi dengan benar. Beberapa dari moms mungkin tidak merasakannya, tetapi jangan khawatir, bukan berarti let down reflex moms tidak bekerja.

LDR dimulai dari isapan bayi pada payudara ibu. Kapan bayi ini kemudian merangsang saraf-saraf yang ada pada puting ibu. Saraf-saraf ini kemudian menyebabkan hormon prolatin dan oksitosin dilepaskan ke aliran darah ibu. Hormon prolaktin bereaksi terhadap jaringan penghasil ASI di payudara. Sedangkan, hormon oksitosin berfungsi untuk mendorong otot-otot kecil disekitar sel penghasil ASI untuk berkontraksi. Kontraksi ini menyebabkan payudara mendorong ASI keluar (let down).

Berapa lama LDR bekerja saat ibu menyusui berbeda-beda antar individu, bahkan berbeda antara waktu menyusui satu dengan yang lainnya. Namun, biasanya LDR bekerja beberapa detik sampai beberapa menit saja saat menyusui.

LDR tidak hanya dipicu dari hisapan bayi saja, tetapi bisa dipicu juga dari kontak dengan bayi, atau hanya dari perasaan anda. Ketika anda mendengar suara tangisan bayi, secara spontan anda akan menyusui bayi anda dan ASI pada payudara anda secara otomatis akan mengalir keluar.

Jadi, LDR membantu anda mendorong ASI keluar untuk dihisap oleh bayi. Jika LDR anda  tidak bekerja dengan baik, ini dapat menyebabkan masalah saat menyusui. ASI yang keluar dari payudara anda akan menurun jumlahnya, sehingga bayi menerima ASI lebih sedikit. Lama kelamaan mungkin bayi akan menolak untuk menyusu dan dapat mengganggu pertumbuhan bayi.

Bagaimana Cara Mendukung LDR Saat Menyusui atau Memompa ASI

Let Down Reflex (LDR) dapat membantu melancarkan produksi ASI anda. Beberapa cara dapat anda lakukan agar LDR bekerja dengan baik saat anda menyusui atau sedang memompa ASI :

  1. Tenangkan diri anda.

Pada saat menyusui atau memompa ASI, sebaikya anda dalam kondisi yang tenang. Ketenangan dalam diri anda mampu membantu tubuh anda untuk memproduksi ASI lebih baik. Ketika anda mulai menyusui atau memompa ASI, anda bisa tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Hal ini dapat membantu diri anda lebih tenang. Beberapa diri anda mungkin membutuhkan air minum hangat atau sambil mendengarkan musik. Hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menempatkan kompres air hangat pada payudara anda beberapa menit sebelum anda mulai menyusu bayi anda.

  1. Pijat payudara anda dengan lembut.

Pijatan pada payudara anda, terutama pada bagian puting dapat membantu let down reflex (LDR). Anda bisa mulai pijatan dari bagian atas payudara, kemudian pijat lembut menuju ke puting payudara anda. Elus puting payudara dengan jari-jari anda secara perlahan. Selanjutnya, susui bayi anda.

  1. Pikirkan tentang bayi anda.

Pada saat menyusui atau memompa ASI, sebaiknya fokuskan pikiran anda kepada bayi anda. Hal ini turut membantu LDR bekerja dengan baik. Saat anda sedang memompa ASI anda, sebaiknya lakukan di dekat bayi anda, atau jika anda sedang memompa ASI di kantor atau di tempat yang jauh dari bayi, anda bisa melakukannya sembari melihat foto bayi anda.

  1. Anda membutuhkan dukungan dari orang terdekat anda.

Dukungan dari orang terdekat anda saat menyusui, seperti suami, orangtua, ibu mertua, teman terdekat, dan lainnya. Dukungan yang besar membuat anak percaya diri untuk dapat memberikan ASI bagi buah hati anda. Suami anda mungkin bisa membantu dengan memijat bahu anda dan membuat anda lebih santai saat anda merasakan kelelahan.

Bagaimana cara mengetahui apakah let down reflex anda bekerja dengan baik?

Beberapa ibu mungkin dapat merasakan sensasi let down. Sementara beberapa ibu lainnya tidak pernah merasakan sensasi let down. Namun, hal ini bukan berarti bahwa let down reflex anda tidak berjalan dengan baik.

Terdapat tanda-tanda ketika LDR anda bekerja dengan baik yaitu :

  1. Ibu mungkin akan merasa kram pada bagian rahimnya pada minggu-minggu pertama mulai menyusui.
  2. Anda merasa kesemutan atau sensasi panas pada payudara anda saat menyusui.
  3. Bayi mengalami perubahan pada menghisap puting payudara ibu. Dari yang tadinya menghisap pendek menjadi lebih panjang dan lebih lama.
  4. ASI anda menetes dari payudara satunya yang tidak sedang dihisap bayi.
  5. Saat menyusui, ibu merasa lebih tenang dan rileks, bahkan kadang ibu merasa kantuk.
  6. Ibu merasa sangat haus saat menyusui.
  7. Bayi menelan lebih sering, bahkan terkadang suara bayi saat menelan sampai terdengar di telinga ibu saat bayi menyusu.
  8. Bayi bisa mengalami kenaikan berat badan setiap bulan.

Terkadang, anda bisa merasakan gatal pada payudara, mual, sakit kepala, atau emosi negatif saat let down reflex terjadi. Ini merupakan dampak dari dilepaskannya hormon oksitosin pada tubuh anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.