Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Kompres Kol Untuk Payudara Bengkak

KOMPRES KOL UNTUK PAYUDARA BENGKAK

Payudara yang bengkak jika dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan peradangan, atau bahkan bisa sampai abses. Jadi sebelum payudara bengkak menjadi bencana, lebih baik kita cepat mengatasinya. Salah satunya adalah dengan terapi kompres menggunakan kol.

Caranya :

Pilih daun kol yang masih segar, daunnya diambil secara utuh perlembar dan usahakan tidak robek ya moms, setelah itu jangan lupa cuci bersih daun kol, kemudian daun kol didinginkan dalam freezer sekitar 20-30 menit, setelah didinginkan baru tutupi semua area payudara yang bengkak dengan daun kol tadi. Kompres payudara selama 20-30 menit atau sampai daun kol nya layu. Untuk memudahkan dalam beraktivitas, moms bisa menyelipkan daun kol tadi di dalam bra. Lakukan sesering mungkin, sampai payudara tersebut tidak bengkak lagi.

Kandungan kol ini kaya akan fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan K. ini semua adalah anti oksidan alami, yang membantu mencegah kanker.

Mengapa kol digunakan untuk terapi pembengkakan? Nah, karena kol diketahui mengandung asam amino metiolin yang berfungsi sebagai antioksidan dan kandungan lain seperti sinigrin (Allylisothiocyanate), minyak mustard, magnesium, dan oxylate heterosides belerang yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah kapiler sehingga meningkatkan aliran darah untuk keluar masuk dari daerah tersebut, sehingga memungkinkan tubuh untuk menyerap kembali cairan yang terbendung dalam payudara tersebut. Selain itu daun kol juga mengeluarkan gel dingin yang dapat menyerap panas. Kol juga merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine yang diyakini dapat mengobati semua jenis peradangan, salah satunya radang payudara. Untuk pemakaian luar, daun kol dapat digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang memar, membengkak, atau nyeri sendi.

Kol sangat efektif digunakan untuk membantu mengatasi :

  1. Engorgement
  2. Over supply (Blocking production)
  3. Mastitis
  4. Abses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.