Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Kenali Jenis Pup Bayi

KENALI JENIS PUP BAYI

 Ketika bayi ibu mulai diberikan ASI hingga dikenalkan dengan makanan padat pendamping ASI, menyebabkan perubahan pada pup bayi ibu. Usus bayi yang mulai bekerja untuk mencerna makanan pun mulai bekerja. Jadi sangatlah normal bila pup bayi berubah, apalagi pada minggu awal kelahirannya. Perubahannya terdiri dari tekstur, warna, dan kekentalan pup nya. Cara paling mudah untuk mengetahui bahwa usus bayi ibu bekerja dengan baik adalah warna pup bayi.

  1. Kuning

Ini adalah warna pup bayi normal. Warna pup yang berwarna kuning keemasan atau disebut golden feses ini dimiliki oleh bayi yang mendapatkan ASI eksklusif. Pada bayi yang diberikan susu formula, atau ASI yang dicampur susu formula, maka warna feses akan menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, atau kuning kecoklatan.

  1. Hijau

Masih dalam kategori normal, namun harus berhati-hati. Maksudnya ibu perlu mewaspadai bila pup bayi terus menerus berwarna hijau selama beberapa minggu. Hal ini biasanya terjadi pada ibu dengan ASI yang melimpah. Konsultasikan dengan dokter laktasi bila moms memiliki masalah seperti ini. Pup bayi akan berubah menjadi hijau pada hari ke 4-8. Apabila pada usia bayi 1 bulan tiba-tiba pup bayi berwarna hijau berarti bayi lebih sering mendapatkan foremilk (susu awal) dari pada hindmilk (susu akhir). Kemungkinan hal ini disebabkan karena bayi menyusu tidak terlalu lama atau sebentar-sebentar saja, sehingga bayi cuma mendapatkan foremilk saja tanpa hindmilk.

  1. Merah

Warna merah pada pup bayi biasanya disebabkan alergi atau tidak cocok dengan susu formula yang dikonsumsi si kecil sehingga keluarlah pup bayi bercampur dengan darah. Biasanya bayi akan merasa sakit disertai dengan gejala seperti menangis, terlihat rewel, muntah (bukan gumoh) dan perutnya membesar. Segera bawa bayi moms ke rumah sakit agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

  1. Putih / Keabu-abuan

Jika pup bayi ibu berwarna putih dengan tekstur encer maupun padat, langsung bawa ke rumah sakit tanpa kompromi. Warna ini menunjukkan bahwa sedang terjadi gangguan kesehatan di dalam pencernaan bayi yang dapat membahayakan kesehatannya.

Dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi ibu, maka kerja usus bayi akan semakin baik dan akan berfungsi dengan sempurna. Setelah bayi berusia 6 bulan dan mulai mengkonsumsi makanan padat pendamping ASI, warna pup nya pun akan mengikuti makanan yang ibu berikan. Selama pemberian ASI berjalan lancar dan makanan pendamping yang diberikan juga sudah dikonsultasikan dengan DSA, bayi akan mengalami pertumbuhan yang sehat dan berkualitas.

Tekstur Pup Bayi Yang Normal

Bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki tekstur pup yang tidak berbentuk. Tekstur yang dihasilkan biasanya bergumpal-gumpal kecil, seperti jelly, pasta/campuran biji, dan ada juga yang hanya berupa cairan.

Sedangkan pada bayi yang diberikan susu formula, pupnya padat dengan gumpalan-gumpalan besar. Karena itulah bayi yang mengkonsumsi susu formula biasanya mudah mengalami sembelit. Waspadailah jika bayi yang minum susu formula memiliki pup yang encer/cair, segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Anak.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.