Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Kebutuhan Nutrisi Gizi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

KEBUTUHAN NUTRISI GIZI IBU HAMIL YANG HARUS DIPENUHI 

Tubuh akan mengalami banyak perubahan fisik & hormon di masa kehamilan. Dalam hal ini, asupan gizi ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan ibu & janin dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi yang dimaksud bukan dalam hal porsi makanan, namun lebih dari itu, moms memerlukan lebih banyak nutrisi, seperti mikronutrien dan makronutrien, untuk mendukung kesehatan moms serta janin. Mikronutrien adalah komponen makanan yang meliputi vitamin dan mineral. Sedangkan makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori/energi seperti karbohidrat, protein, dan banyak lemak.

Kebutuhan setiap jenis nutrisi di masa kehamilan tentu berbeda dengan kebutuhan nutrisi saat tidak hamil. Pada masa kehamilan, perlu adanya tambahan 300 kalori terutama di trimester kedua dan ketiga. Kebutuhan harian ibu hamil adalah kalsium sebanyak 1000-1200 miligram, folat sebanyak 600-800 miligram, dan zat besi sebanyak 27 miligram.

  1. Protein

Protein berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk sel otak pada janin. Protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara ibu hamil, serta berperan penting dalam meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Para ahli merekomendasikan 75-100 gram protein perhari. Sumber protein terbaik untuk ibu hamil meliputi daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong), dll.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori yang penting bagi ibu hamil. Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa moms konsumsi antara lain : nasi, kentang, sereal, pasta.

  1. Kalsium

Tak hanya menguatkan tulang dan gigi moms, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium membantu tubuh mengatur cairan, membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di keju, susu, yoghurt, salmon, bayam, dll.

  1. Folat

Kandungan nutrisi yang dikenal sebagai asam folat ini berperan penting dalam mengurangi risiko cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang mempengaruhi otak serta sum-sum tulang belakang janin. Adapun sumber asam folat bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, lemon, mangga, tomat.

  1. Zat Besi

zat besi membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti sereal dan havermut, daging sapi, dll.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.