Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Flu Disertai Batuk Pada Anak

FLU (DISERTAI BATUK)

Flu merupakan penyakit yang sangat menular, khususnya pada orang-orang yang berdekatan. Flu dapat menyebar pada anak-anak, terutama jika anak menghirup droplet di udara dari penderita flu yang bersin atau batuk. Anak-anak juga dapat tertular langsung dari sekresi penderita flu. Misalnya, jika anak-anak berbagi pensil saat sekolah, bermain games computer bersama, bermain mobil dengan remot kontrol dari tangan ini merupakan cara paling umum menyebarkan virus flu.

Ada beberapa gejala menonjol ketika anak menderita flu. Gejala ini dapat dirasakan parah dan muncul tiba-tiba pada anak-anak. Beberapa diantaranya :

  1. Demam tinggi mencapai 400C
  2. Menggigil dan bergetar saat menderita demam.
  3. Merasa letih berlebihan.
  4. Sakit kepala dan nyeri disekujur tubuh.
  5. Batuk kering.
  6. Sakit tenggorokan.
  7. Sakit perut dan muntah.

Cara mengatasi flu pada anak :

  1. Atasi gejala demam

Memberikan syrup paracetamol yang dijual bebas dipasaran. Obat boleh diberikan setiap 4 jam sekali dengan dosis yang tertera pada kemasan. Jangan lupa untuk mengukur suhu tubuh anak secara berkala. Lap seluruh badan dengan air hangat, kemudian segera keringkan dengan handuk bersih. Bantu dengan pengolesan balsam baby (transpulmin) pada tubuh baby agar terasa hangat.

  1. Redakan batuk

Jika anak flu, ia boleh diberi obat yang sifatnya meredakan gejala. Jika penyakit dimulai dengan batuk kemudian disertai demam, maka dapat diberikan obat batuk dan obat penurun panas. Redakan radang tenggorokan dan batuk dengan memberikan madu dan air putih.

  1. Buang ingus anak

Jangan minta anak untuk mengeluarkan ingusnya pada sehelai tisu atau kain kering, karena permukaan yang cenderung kasar bisa menyebabkan iritasi. Gunakan handuk basah yang sudah direndam dalam air hangat. Jika sudah terlanjur iritasi, aplikasikan pelembab atau petroleum jelly pada bagian yang teriritasi. Untuk masalah hidung tersumbat, kita bisa berikan obat tetes hidung dari bahan NaCl yang ada di apotek (Breathy).

  1. Ajarkan untuk rajin cuci tangan

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi risiko kuman/partikel asing terhirup dan memicu pilek pada anak. Biasakan si kecil untuk mencuci tangan dengan air mengalir usai membuang ingus, memegang benda-benda berdebu, dan sebelum makan. Ingatkan juga anak untuk tidak sering melakukan kontak fisik didaerah hidung dengan tangan.

  1. Atur pola makan

Perbanyak asupan air dalam tubuh, seperti air putih, jus buah, atau sup hangat. Berikan sedikit-sedikit namun sering.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.