Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Dinas Luar Kota Pada Ibu Bekerja Yang Sedang Menyusui

DINAS LUAR KOTA PADA IBU BEKERJA YANG SEDANG MENYUSUI

Kadang kala ibu dihadapkan dengan pilihan yang sulit yaitu dinas luar kota. Apabila memungkinkan, bawalah bayi ibu agar dapat disusui saat malam hari. Namun sering kali bayi tidak dapat di bawa. Bagaimana solusi terbaik? Pertimbangkan untuk meminta bantuan teman lain yang sedang tidak menyusui untuk menggantikan ibu. Apabila ibu adalah satu-satunya orang yang harus berangkat, maka di luar kota ibu harus memerah ASI setiap 3 sampai 4 jam, juga di malam hari untuk mempertahankan suplai ASI.

Apabila perginya jauh kelur negeri, maka saat membeli tiket pesawat dan memesan hotel, sampaikan bahwa ibu akan memerah ASI dan membutuhkan freezer. Sebelum berangkat, ibu juga membutuhkan surat dari dokter yang menyatakan bahwa ibu akan membawa cairan dalam jumlah banyak yang merupakan ASI Perah, copy lah surat tersebut banyak-banyak untuk informasi bagi maskapai penerbangan dan imigrasi.

Pemberian ASI Perah dapat dipertimbangkan dengan berbagai cara, diantaranya dengan gelas atau sendok. Penggunaan dot memiliki risiko timbulnya bingung putting walaupun hanya beberapa kali digunakan. Apabila setelah pulang dari dinas luar kota, bayi marah dan tidak mau lagi menyusu kepada ibu, yang perlu ibu lakukan adalah berkelonan dengan bayi, stop pemberian ASIP dengan media lain, lakukan kontak kulit ke kulit selama 24 jam sampai bayi mau menyusu lagi ke ibu.

Tempat penyimpanan ASI Perah paling tepat untuk moms yang harus bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya adalah wadah tertutup dalam ukuran kecil, simpan wadah tersebut di dalam cooler bag berukuran kecil yang mudah dibawa kemana-mana.

Wadah yang umumnya digunakan untuk menyimpan ASI Perah saat bepergian adalah kantong ASI pre-sterilized, yaitu kantong plastic sealable yang di desain secara khusus untuk menyimpan ASI Perah. Untuk menjaga ASI tidak rusak, moms bisa membawa ice pack (bertahan selama 8 jam) atau ice gel (bertahan selama 12-18 jam) yang dapat menjaga suhu cooler bag tetap dingin.

Cooler bag yang dapat digunakan salah satunya dari produk @medela_id yang memiliki kelebihan antara lain :

  1. Dapat menjaga ASI agar tetap segar hingga 12 jam.
  2. Dirancang secara simple, mudah di bawa ke mana-mana.
  3. Dapat memuat hingga 4 botol.
  4. Dapat dimasukkan ke tas modern city style untuk membawa ASIP.

Tips untuk membawa ASIP dalam perjalanan :

  1. Pastikan cooler bag cukup, atau kalau kurang bisa nambah beli cooler box.
  2. Pastikan ice gel beku sempurna (harus titip di freezer hotel), dan sering-sering cek ice gel nya, kalau sudah hampir mencair sempurna segera beli es batu dimasukkan ke dalam kantong plastik, jadi bisa menjaga kondisi ASIP tetap dingin.
  3. Jika pergi kurang dari 7 hari lebih baik ASIP tidak dibekukan, lebih baik dalam kondisi cair dan sampai rumah diproritaskan untuk di minum.
  4. Pastikan hotel menyediakan fasilitas kulkas dan memperbolehkan menitipkan ice gel di freezer ASIP.
  5. Pastikan maskapai yang digunakan mengizinkan membawa ASIP dalam kebin. Kalau perlu print peraturan terkait membawa ASIP dalam pesawat.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.