Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

DBD Pada Anak

DBD PADA ANAK

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang gejala Demam Berdarah (DBD) secara umum. Karena anak-anak dan balita termasuk individu yang rentan terkena DBD dan kadang memiliki gejala yang berbeda, maka pada postingan ini akan dibahas tentang “gejala demam berdarah pada anak”.

DBD adalah penyakit tropis yang disebabkan oleh dengue yang di bawa oleh nyamuk. Virus ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, ruam, dan nyeri di seluruh tubuh. Sebagian besar kasus demam berdarah yang ringan sembuh sendirinya setelah sekitar 1 minggu.

Gejala demam berdarah pada anak tidak selalu muncul. Banyak anak-anak dengan demam berdarah tidak menampakkan gejala, beberapa anak memiliki gejala ringan yang muncul kapan saja dari 4 hari sampai 2 minggu setelah digigit oleh nyamuk aedes yang terinfeksi. Gejala demam berdarah biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Setelah anak-anak mengalami sakit demam berdarah, mereka menjadi kebal terhadap jenis virus tertentu.

Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

  1. Mendadak demam tinggi.
  2. Sakit di belakang mata, nyeri sendi, otot, atau tulang.
  3. Sakit kepala yang hebat.
  4. Ruam di sebagian besar tubuh.
  5. Perdarahan ringan dari hidung (mimisan) atau gusi.
  6. Kulit mudah memar.
  7. Terkadang disertai batuk dan pilek, tidak nafsu makan, mual dan muntah.

Gejala demam berdarah pada anak dan balita umumnya ringan terutama bagi mereka yang baru pertama terinfeksi virus ini. Sedangkan anak-anak yang lebih tua, dewasa yang pernah mengalami infeksi sebelumnya mungkin akan menimbulkan ciri-ciri dan gejala DBD sedang-berat.

Anak yang mengalami demam berdarah dengue (DBD) berat atau dengue shock syndrome akan memiliki gejala demam berdarah biasa seperti di atas yang berlangsung selama 2-7 hari. Akan tetapi setelah demam reda, gejala lain malah memburuh dan bisa menyebabkan perdarahan yang lebih parah, timbul masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau sakit perut yang parah, dan masalah pernapasan seperti bernapas (sesak).

Penanganan Demam Berdarah Pada Anak

Tidak ada obat khusus yang tersedia untuk demam berdarah dengue. Kasus ringan bisa di obati dengan memberikan banyak cairan (minum) untuk mencegah dehidrasi dan banyak istirahat. Apabila dalam beberapa hari tidak membaik sebaiknya segera ke rs terdekat agar mendapatkan penanganan yang intensif.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.