Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Cara Menyiapkan MPASI Saat Bepergian

CARA MENYIAPKAN MPASI SAAT BEPERGIAN

Berlibur bersama anak yang masih bayi sering kali membuat para ibu bingung. Salah satu hal yang membuat bingung adalah bagaimana menjaga agar MPASI tetap aman.

Banyak persiapan yang harus dilakukan saat bepergian dengan anak, termasuk persiapan menu makanan untuk anak. Makanan yang dibutuhkan pun tak hanya selama di perjalanan, namun juga saat berkunjung di tempat tujuan.

Beberapa keluarga memilih menu makanan instan pabrikan siap saji demi kepraktisan. Tapi jika anda lebih menyukai makanan pendamping ASI (MPASI) rumahan sebagai bekal anak, persiapannya tak terlalu sulit.

Ketika harus menyiapkan perbekalan MPASI, banyak orang tua yang terlanjur berfikir akan repot menyiapkannya, saat bepergian anak tidak harus makan berat seperti : nasi. Potongan buah, sayur, atau biskuit juga bisa mengenyangkan anak dan memberikan gizi yang cukup untuknya disamping ASI.

Beberapa tips yang dapat memudahkan anda dalam melakukan persiapan :

  • Rancang Menu Yang Disukai Anak

Perjalanan ke lingkungan baru merupakan aktivitas yang membuat anak harus banyak beradaptasi. Jangan tambah bebannya dengan memperkenalkan makanan baru. Sebaliknya, persiapkan perbekalan dengan menu kesukaan anak.

  • Simpan MPASI Dalam Wadah Kedap Udara

Siapkan bahan-bahan baru yang segar dan telah dicuci bersih. Olah sesuai selera. Sesudah matang, simpan bekal MPASI dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi selama penyimpanan. Bila jarak tempuh cukup jauh, simpan dalam kotak pendingin yang telah diisi dengan ice pack yang cukup banyak. Sesaat sebelum dihidangkan, keluarkan MPASI pada suhu ruangan. Kemudian beri alas wadah berisi air hangat, agar MPASI hangat kembali.

  • Bekukan MPASI

Selain untuk bekal di perjalanan, MPASI juga bisa di bawa sebagai bekal di tempat tujuan. Untuk menyiapkannya, setelah makanan matang, dinginkan MPASI hingga uap panasnya habis. Lalu segera bekukan dalam lemari es. Bila dalam perjalanan MPASI mencair, jangan buru-buru membuangnya. Selama masih ada bagian yang berbentuk es dan warna serta aroma tidak berubah, maka MPASI ini masih bisa dibekukan kembali. Tapi jauh lebih baik jika segera dikonsumsi.

  • Simpan Peralatan Makan Ditempat Terjangkau

Simpan peralatan makan, tisu basah, dan kantong plastik kecil di tempat yang mudah dijangkau.

  • Jangan Berikan Makanan Saat Kendaraan Berjalan

Memberikan makanan saat kendaraan berjalan dapat memicu mabuk darat pada anak. Sebaiknya, lakukan saat mobil sedang menepi atau saat kemacetan panjang. Bila anda memilih melakukan perjalanan udara, anda berikan makanan kecil seperti biskuit, buah, atau sayur yang telah di kukus. Hindari memberikan makanan yang membuatnya terlalu kenyang, sehingga mudah meniru rasa mual dan mabuk udara.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.