Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Cara Meningkatkan Supply ASI yang sudah mulai Berkurang

CARA MENINGKATKAN SUPPLY ASI YANG MULAI BERKURANG

ASI merupakan makanan terbaik yang dibutuhkan oleh bayi, karena di dalamnya terkandung segudang nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Sayangnya, tidak semua ibu memilih ASI yang berlimpah.

Cara Meningkatkan Produksi ASI

  1. Menyusui bayi sesering mungkin

Menyusui bayi sesering mungkin dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Menyusui dalam waktu yang lama

Tujuan dari memberikan bayi kesempatan mengkonsumsi ASI dalam waktu yang lama untuk mengosongkan ASI yang telah diproduksi untuk merespon produksi ASI selanjutnya. Ini alasannya, moms tidak perlu membuat jadwal menyusui bayi melainkan menyusui bayi semau bayi (supply by demand).

  1. Menyusui menggunakan payudara secara bergantian

Menyusui menggunakan payudara secara bergantian atau selang seling agar pengosongan payudara terjadi pada kedua payudara, tidak hanya pada satu payudara. Sehingga payudara besar sebelah dapat terhindari. Karena bila bayi menyusu pada satu payudara saja maka hanya satu payudara tersebut yang selalu berproduksi, sehingga produksi ASI menurun.

  1. Memijat payudara

Memijat payudara dengan benar dan tepat dapat membantu moms dalam memperbanyak ASI. Caranya yaitu dengan moms dapat memijat dari bagian pangkal buah dada kemudian tekan dinding dada dengan mengggunakan kedua jari. Selanjutnya moms dapat melakukan gerakan melingkar pada bagian payudara lanjutkan dengan memindahkan jari pada daerah berikutnya. Moms dapat mengarahkan pijatan dengan memutar atau radial menuju bagian puting. Kemudian kepalkan tangan untuk memberikan tekanan pada masing-masing jari.

  1. Suasana yang tenang dan rileks

Saat menyusui si kecil, buatlah suasana yang tenang dan rileks yang disertai dengan melakukan kontak kulit pada bayi, seperti membelai dan juga melakukan komunikasi untuk memicu keluarnya hormon oksitosin yang memang berperan dalam memproduksi ASI.

  1. Jangan stres

Stres dapat membuat produksi ASI menjadi terhambat, karena stres dapat berperan besar pada pemberian ASI sehingga dapat menurunkan kemampuan alami dalam memproduksi ASI. Banyaklah istirahat untuk memberikan ketenangan pada tubuh dan membuat produksi ASI meningkat.

  1. Mengkonsumsi banyak air putih

Mengkonsumsi air putih cukup dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan juga dapat membantu memperbanyak ASI. Selain itu, jus buah dan sayuran segar juga memiliki fungsi yang sama.

  1. Jangan memberikan susu formula

Tidak sedikit ibu yang memilih untuk memberikan susu formula kepada si kecil, saat produksi ASI nya terhambat. Padahal, pemberian susu formula justru dapat menyebabkan produksi ASI semakin tidak lancar. Selain itu, akan membuat bayi menjadi malas mendapatkan ASI karena beberapa kondisi yang membuat bayi bingung puting. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan volume ASI berkurang karena respon dari bayi menjadi tidak optimal.

  1. Bila semua hal di atas sudah dilakukan dan produksi ASI masih sedikit, segera konsultasi ke klinik laktasi terdekat untuk diberikan obat pelancar ASI dan disarankan untuk akupuntur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.