Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Candidiasis Oral (Jamur Pada Mulut)

CANDIDIASIS ORAL (JAMUR PADA MULUT)

 Beberapa ibu mengeluh kalau bayinya menjadi malas menyusu dan ternyata ada noda putih-putih pada seluruh bagian dalam mulut si bayi. Ibu sudah coba membersihkan dengan kasa, tetapi putih-putih ini menetap. Apa sebenarnya putih-putih ini? Inilah yang disebut jamur pada mulut atau candidiasis oral (oral trush). Penyebab utamanya adalah jamur candida albicans.

Jamur merupakan salah satu flora normal pada tubuh dan saluran pencernaan manusia. Nah, bakteri baik dan daya tahan tubuh yang baik akan menjaga jamur tersebut. Ketika terjadi ketidakseimbangan, misalnya bakteri baik mati (bisa disebabkan penggunaan antibiotik) dan terjadi penurunan daya tahan tubuh, maka si jamur akan menguat dan menyebabkan infeksi pada tubuh. Salah satunya dapat menyebabkan candidiasis oral (oral trush).

Gejala Candidiasis Oral

Candidiasis (oral trush) dapat mengenai siapa saja, tapi paling banyak diderita oleh bayi berusia kurang dari 6 bulan atau lebih. Gejalanya dapat berupa sariawan pada sudut mulut dan bibir yang berwarna keputihan, serta timbulnya warna putih pada lidah dan rongga mulut sebelah dalam pipi.

Noda putih pada lidah tidak hilang dan dapat berdarah setelah coba dibersihkan atau diangkat menggunakan kain kasa dan air hangat. Banyak bayi yang tidak merasakan apapun, tapi ada beberapa bayi yang merasa kurang nyaman ketika menghisap payudara. Alhasil, kondisi ini membuat bayi malas menyusu karena merasa sakit.

Jamur ini biasanya diterapi dengan obat anti jamur seperti nystatin drop (obat tetes mulut). Sebagai orang tua, moms harus memastikan bahwa penyebabnya adalah jamur. Karena itu, dianjurkan agar membawa anak ke dokter untuk diperiksa dan pastikan penyebab dari sariawan tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah Candidiasis Oral?

  1. Jaga kebersihan payudara moms dengan membersihkannya menggunakan kain kasa dan air hangat. Pastikan tangan moms juga dalam keadaan bersih ketika membersihkan payudara. Selalu olesi salep puting dan lingkar puting dengan sedikit ASI untuk meminimalisasi terjadinya infeksi jamur.
  2. Hindari penggunaan botol dot.
  3. Jika moms menyusui dan merasa daerah areola memerah, agak gatal, dan sakit. Hal ini bisa disebabkan infeksi jamur. Keadaan ini bisa menjadi infeksi bolak balik pada ibu dan bayi. Jadi, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk sama-sama mengobati puting payudara moms dan mulut bayi yang terinfeksi jamur yang dosisnya telah disesuaikan dengan kondisi moms dan bayinya.
  4. Moms harus selalu mencuci tangan setiap setelah mengganti popok dan membersihkan area sensitif bayi. Pasalnya, infeksi jamur mulut kadang bisa terjadi bersamaan dengan terjadinya ruam popok yang disebabkan infeksi jamur yang sama.
  5. Sering-seringlah mengganti popok bayi. Jangan biarkan kulit bayi berlama-lama kontak dengan popok yang sudah basah terkena air seni atau kotoran bayi. Tindakan ini bisa juga mencegah terjadinya candidiasis (oral trush).

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.