Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Cacar Air

CACAR AIR

 Cacar air memiliki nama lain yaitu Varicella atau Chicken Pop. Cacar air merupakan penyakit klasik pada anak-anak. Cacar air disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yang merupakan keluarga dari herpes virus. Penyakit cacar ini merupakan salah satu penyakit menular pada anak.

Penyakit ini biasanya bersifat ringan, namun kadang terjadi komplikasi serius. Beberapa komplikasinya adalah impetigo (jika ruam berair tergaruk), hepatitis, pneumonia, ensefalitis, meningitis, reye syndrome, dan beberapa infeksi bakteri streptococcus. Cacar air biasanya terjadi pada anak-anak dan banyak terjadi pada anak di bawah usia 10 tahun. Cacar air bisa juga terjadi pada orang dewasa dan memiliki gejala lebih parah dan berat.

Gejala Cacar Air

  1. Kebanyakan anak dengan cacar air menampakkan sakit dengan gejala tidak jelas, seperti demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan lesu. Hal ini terjadi sehari atau 2 hari sebelum ruam lepuh keluar.
  2. Ruam akan muncul dengan warna kemerahan pada kulit kemudian disertai munculnya gelembung berair seperti melepuh.
  3. Munculnya ruam dimulai dari badan kemudian menyebar ke wajah, tangan dan kaki. Derajat ruam yang muncul akan bervariasi. Ada yang baru tampak kemerahan pada kulit, ada juga yang baru muncul gelembungnya, serta ada yang sudah kering dan berubah menjadi keropeng (koreng).
  4. Lama penyakit biasanya antara 1-2 minggu, dapat disertai demam, dan dapat pula tidak.

Apakah Cacar Air Dapat Menular?

Cacar air merupakan penyakit yang menular. Penularan dapat berlangsung melalui udara atau kontak langsung dengan penderita.

Penanganan Pada Anak Yang Mengalami Cacar Air

  1. Tetap mandikan anak seperti biasa. Mandikan si kecil dengan air hangat dan tidak terlalu panas. Usap lembut permukaan tubuh anak dan jangan menggosok keras agar gelembung tetap terjaga. Kemudian keringkan dengan handuk yang lembut dan tekan perlahan saja.
  2. Berikan obat penurun panas jika ada demam. Obat antiviral (obat antivirus) seperti acyclovir bisa membantu jika ruam baru muncul selama 24 jam, tapi tidak efektif lebih dari waktu tersebut.
  3. Bantu dengan kompres hangat dan beri pakaian yang tipis dan menyerap keringat.
  4. Jaga agar gelembung tidak pecah atau jangan memecahkan gelembung sendiri. Jaga agar kuku anak tetap pendek ya moms.
  5. Kalau terasa gatal kasih bedak caladine saja untuk mencegah agar tidak gatal dan digaruk.

 Pencegahan Anak Yang Mengalami Cacar Air

  1. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya cacar air adalah melakukan vaksin cacar air atau varicella yang sekarang sudah mulai ditemui di rumah sakit.
  2. IDAI merekomendasikan bahwa pemberian vaksin cacar air (varicella) hanya sekali dan biasa diberikan pada saat anak berusia 12 bulan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.