Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Buah Yang Dapat Meredakan Sembelit Pada Bayi

BUAH YANG DAPAT MEREDAKAN SEMBELIT PADA BAYI

Ketika bayi mulai mengenal MPASI, kemungkinan bayi mengalami sembelit sangatlah besar. Tentunya hal ini sangat wajar dialami bayi saat peralihan makanan dari cair ke padat. Organ pencernaan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi itu, sehingga gangguan mungkin saja terjadi.

Selain frekuensi BAB yang berkurang, moms juga bisa melihat beberapa gejala berikut untuk mengetahui apakah si kecil mengalami sembelit :

  1. Tidak nafsu makan.
  2. Harus mengejan saat buang air besar.
  3. Perut terasa kembung.
  4. Kadang mual.
  5. Proses buang air besar terasa tidak tuntas.
  6. Si kecil rewel karena merasakan sakit atau kram perut, terutama pada bagian bawah.
  7. Feses terlihat kering, keras dan bergumpal.

Atasi Sembelit dengan Asupan Buah

Ketika bayi mengalami sembelit, tentu ia akan merasa tak nyaman dan sangat rewel. Walau begitu, sebisa mungkin hindari memberinya obat ya moms. Coba deh cara alami dengan memberinya asupan buah.

  1. Buah Naga Merah

Tekstur buah naga yang lembut akan memudahkan bayi moms saat memakannya. Selain kaya akan vitamin dan mineral, buah naga juga kaya akan air dan juga serat yang dapat melancarkan pencernaannya.

Namun jangan kaget ya moms, mengkonsumsi buah naga dapat mempengaruhi warna feses maupun urine bayi. Warna urine dan fesesnya juga akan menjadi merah gelap.

  1. Tomat

Tomat termasuk dalam golongan buah yang memiliki kandungan air. Tidak hanya itu, tomat juga sangat baik untuk kesehatan fungsi hati. Kombinasi keduanya antara tomat dan buah naga sangat berkhasiat sekali untuk melancarkan buang air besar.

  1. Pir

Kandungan air dan vitamin dalam pir dapat menjadi pencahar alami dan membantu melancarkan system pencernaan. Kandungan air yang tinggi pada buah ini juga dapat menjaga anak tidak dehidrasi. Selain itu, rasanya yang manis dan menyegarkan tentu akan disukai si kecil.

  1. Apel

Mengkonsumsi apel merah sangat bermanfaat untuk membuat feses jadi lunak, mengurangi lemak jahat dan melancarkan BAB.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.