Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Bayi Rewel

BAYI REWEL

Bayi saya rewel, tidak mau menyusu sama sekali. Ada apa dengan bayi saya ya dokter?

Saat si kecil tiba-tiba menolak menyusu kepada moms pasti membuat moms sedih dan patah hati ya? Namun, moms tidak perlu bersedih terlalu lama. Yuk, kita cek apa saja yang bisa menyebabkan bayi tiba-tiba menolak untuk menyusu :

  1. Bayi sedang sakit atau mengalami nyeri.

Jika bayi masih bisa menghisap maka susui bayi sesering mungkin. Mungkin akan terjadi penolakan di awal tapi moms harus yakin bahwa si kecil lama-lama akan mau menyusu kembali. Jika bayi tidak bisa menyusu langsung, moms bisa memberikan ASIP dengan media sendok, gelas, cup feeder, atau pipet. Usahakan untuk mencari posisi yang paling nyaman untuk si kecil jika ternyata ada bagian tubuh bayi yang sedang nyeri atau sakit.

  1. Terdapat jamur dan sariawan di mulut bayi.

Segera konsultasikan ke dokter agar si kecil mendapat obat jamur atau obat sariawan yang paling aman. Ingat, jangan gegabah memberikan obat-obatan baik kimia atau tradisional saat anak sakit. Apabila terjadi kesalahan indikasi atau takaran justru akan menimbulkan masalah baru bagi si kecil.

  1. Sedang tumbuh gigi.

Saat tumbuh gigi terkadang membuat si kecil rewel dan enggan menyusu. Moms bisa memberikan potongan buah dingin pada anak untuk mengurangi rasa ngilu di gusi, jika si kecil sudah berumur di atas 6 bulan. Selalu awasi si kecil saat sedang memegang buah agar tidak tersedak.

  1. Ada kesulitan dengan teknik menyusui.

Perhatikan pelekatan dan posisi yang benar dan hindari tekanan pada kepala bayi atau gerakan di payudara moms agar proses menyusui berjalan lancar.

  1. Bayi bingung puting

Segera lakukan relaktasi. Hubungi DSA pro-ASI atau dokter laktasi di kota moms, agar dibimbing untuk relaktasi. Relaktasi sebaiknya dilakukan dalam pengawasan ahli agar prosesnya berjalan dengan baik. Cegah bingung puting dengan menghindari pemberian ASIP melalui media DOT dan tidak memberi empeng saat anak menangis.

  1. Payudara moms bengkak sehingga aliran ASI tersumbat.

Sebaiknya perah ASI hingga payudara terasa kosong, jika payudara moms bengkak dan si kecil enggan menyusu. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan mastitis atau abses.

  1. Aliran ASI deras

Perah sedikit ASI moms sebelum si kecil menyusu dan posisi menyusui setengah berbaring dan posisi menyusui setengah berbaring atau posisi tiduran.

  1. Adanya perubahan yang membuat si kecil kesal.

Salah satunya perubahan yang berpengaruh pada si kecil misalnya pemisahan bayi dengan ibunya. Moms yang mulai bekerja kembali membuat aroma tubuh moms tiba-tiba berubah (berganti sabun mandi, penggunaan parfum, memakan makanan yang berbau menyengat, menstruasi). Usahakan saat moms kembali bekerja dalam keadaan senang dan bahagia agar si kecil tidak menjadi rewel.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.