Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Bayi Hanya Mau menyusu Di Satu Payudara

BAYI HANYA MAU MENYUSU DI SATU PAYUDARA

 Bayi saya hanya mau menyusu di satu payudara saja dokter, adakah cara agar bayi mau menyusu di kedua payudara?

Apabila bayi baru lahir menolak menyusu di salah satu payudara, moms bisa minta dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik guna memastikan bayi apakah si bayi mempunyai luka akibat proses kelahiran atau tidak. Luka bekas kelahiran yang tak terdeteksi membuat bayi tidak nyaman saat menyusu.

Penyebab Bayi Menolak Menyusu Di Salah Satu Payudara

  1. Adanya infeksi atau luka pada payudara moms yang terkadang membuat ASI menjadi lebih asin.
  2. Infeksi telinga atau jamur pada mulut (candidiasis oral) yang membuat bayi kesakitan jika menyusu di satu sisi.
  3. Hidung bayi tersumbat.
  4. Luka pada bayi seperti bekas imunisasi pada salah satu sisi paha atau lengan atas.
  5. Kondisi aliran ASI. Hal ini paling sering terjadi karena aliran ASI di salah satu payudara terlalu deras atau malah terlalu lambat.
  6. Payudara yang terlalu penuh dan bengkak bisa membuat bayi menolak menyusu di payudara tersebut.
  7. Bentuk anatomi payudara yang berbeda antara sebelah kanan dan kiri atau sebaliknya. Bentuk payudara yang berbeda ternyata normal loh. Kadang kita sendiri juga merasakan jika salah satu payudara lebih besar dari payudara lainnya.

Cara Mengatasi Bayi Yang Hanya Ingin Menyusu Dari Satu Payudara

  1. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter ahli jika ada infeksi pada payudara dan infeksi telinga.
  2. Biasakan membersihkan lendir hidung bayi sebelum mulai menyusu jika hidung bayi tersumbat. Ini sedikit mengurangi ketidaknyamanan bayi saat menyusu.
  3. Susui bayi dari payudara yang tidak dia sukai terlebih dahulu selama beberapa menit atau sampai bayi terbiasa. Kemudian tawarkan payudara yang disukai bayi, ulangi beberapa kali. Jika bayi masih menolak menyusu di payudara yang tidak disukainya, ASI boleh diperah dan disimpan sebagai stok.
  4. Susui payudara yang ditolak bayi saat malam hari ketika bayi mengantuk. Biasanya bayi tidak akan menolak payudara yang ditawarkan padanya saat kondisi setengah tertidur.
  5. Jika payudara terlalu penuh, perah terlebih dahulu payudara sebelum disusui. Biasanya bayi sulit melekat dengan baik pada payudara yang terlalu penuh.
  6. Kondisi aliran ASI yang terlalu deras disiasati dengan menopang payudara posisi gunting. Posisi gunting tidak dianjurkan pada kondisi aliran ASI yang normal atau lambat
  7. Belajar untuk mengganti posisi menyusui, temukan posisi baru yang membuat bayi dan moms merasa nyaman.
  8. Pada bayi yang mudah mengalami pengalihan perhatian, maka menyusui bayi di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.
  9. Pastikan bahwa payudara yang tidak disusui secara langsung oleh bayi diperah secara rutin dan simpan sebagai stok.
  10. Bila moms memerlukan bantuan, segeralah berkonsultasi ke dokter laktasi untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Sabar dan konsisten adalah kunci utamanya.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.