Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

ASI Perah Bau Tengik

ASI PERAH BAU TENGIK

Dokter, mengapa ya ASI perah saya bau “tengik”, apakah masih layak diberikan untuk anak saya?

ASI Perah bunda berbau tengik dan terasa seperti sabun padahal semua panduan untuk menyimpan ASI Perah sudah bunda lakukan dengan benar? Ah, tenang dulu bunda. Hal tersebut bisa disebabkan tingginya kadar lipase di dalam ASI bunda. Enzim lipase yang tinggi bisa memecah lemak susu sesaat setelah ASI diperah.

Amankah untuk bayi? Sebagian besar tidak pernah mempermasalahkan sedikit perubahan rasa pada ASI dan ASI tersebut tidak berbahaya. Namun semakin kuat perubahan rasa yang ada di dalam ASI, maka semakin besar kemungkinan si kecil untuk menolak meminumnya.

Apakah lipase itu? Lipase merupakan enzim yang terdapat di dalam semua ASI dan memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Membantu lemak di dalam ASI tercampur rata sehingga mudah dicerna oleh bayi.
  2. Membantu memecah lemak dalam ASI sehingga vitamin larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) dan asam lemak yang mudah diserap oleh sistem pencernaan bayi.
  3. Peran utama lipase dalam ASI dan bile salt-stimulated lipase (BSSL) sebagai faktor mayor yang melumpuhkan protozoa penyebab penyakit.

Bau tengik pada ASI Perah biasa terjadi akibat ASI bunda mengandung enzim lipase yang tinggi. Enzim lipase terdapat di semua ASI dan berfungsi untuk menguraikan kadar lemak dalam ASI agar mudah dicerna oleh bayi. Itulah sebabnya lemak merupakan salah satu komponen utama dalam ASI, tapi lemaknya tidak membuat anak ASI mengalami obesitas (kegemukan). Lemak dalam ASI akan diuraikan oleh enzim lipase secara tepat sesuai dengan kebutuhan bayi.

Penyebab tingginya kadar enzim lipase dalam ASI berhubungan erat dengan kondisi internal tubuh sistem pencernaan bunda yang biasanya juga berlipase tinggi. Tingginya kadar enzim lipase dalam tubuh bisa disebabkan inflamasi pankreas, masalah dengan organ empedu, penuurunan fungsi ginjal, atau beberapa masalah pencernaan. Tingginya kadar enzim lipase tidak disebabkan oleh makanan yang bunda konsumsi.

Tes sederhana untuk mengetahui tinggi-rendahnya kadar lipase dalam ASI bunda

  1. Perah ASI seperti biasa, lalu biarkan ASI pada suhu ruangan selama 30 menit. Kemudian perah lagi ASI baru, lalu bandingkan rasa antara kedua ASIP itu.
  2. Bandingkan ASIP yang masih segar dengan ASIP yang sudah disimpan di kulkas.
  3. Bandingkan lagi ASI segar dengan ASIP dingin atau beku yang sudah dicairkan dan dihangatkan.

Apabila diantara percobaan-percobaan di atas tidak ada perbedaan rasa (mungkin berbeda, tetapi tidak terlalu tajam perbedaan rasa dan baunya) maka kadar enzim lipasenya tergolong normal. Namun, jika ada perbedaan rasa dan aroma yang tajam maka ASI bunda memang berlipase tinggi.

ASI berlipase tinggi sebenarnya layak untuk dikonsumsi, baik dalam bentuk ASI segar maupun ASIP yang didinginkan dan dibekukan dengan syarat mengikuti manajemen ASIP yang sudah disarankan.

Solusi untuk mengatasi ASIP berlipase tinggi.

  1. Menyusui langsung karena ASI segar tidak berubah rasa dan bau meski kadar lipasenya tinggi.
  2. Jika memang harus membuat ASIP untuk ibu bekerja berarti harus dilakukan dengan sistem kejar tayang.
  3. Melakukan teknik pemanasan (scalding) di atas kompor. Pemanasan memang membuat kadar gizi dalam ASI berkurang terutama beberapa zat anti-infeksi dan vitamin C. Namun, pilihan ini tetap masih lebih baik dibandingkan pemberian susu formula.

Tips untuk ASIP kejar tayang

  1. Tes terlebih dahulu seberapa lama ASIP bisa bertahan di kulkas bagian bawah tanpa berubah rasa dan bau. Hal ini berarti waktu maksimal ASIP bisa disimpan dalam kulkas.
  2. Setelah itu, manajemen ASIP memang harus diatur sesuai dengan batas maksimum penyimpanan. Perah ASI sesering mungkin terutama saat bunda jauh dari anak. Jika sedang bersama anak maksimalkan setiap kesempatan untuk menyusui secara langsung.
  3. Tetap optimis bahwa bunda pasti bisa melewati tantangan ini meski harus kejar tayang.

3 komentar untuk “ASI Perah Bau Tengik”

    1. halo selamat siang mba serly,,
      jadi begini, Untuk ASI perah bau tengik/ kadar lipase ASI tinggi : sebelum ASIP dimasukkan ke kulkas dipanaskan terlebih dahulu, dan sebelum diberikan ke baby sebaiknya dipanaskan juga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: