Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Apakah Ibu Pekerja Tetap Dapat Menyusui?

APAKAH IBU PEKERJA TETAP DAPAT MENYUSUI

Siapa bilang orang tua yang bekerja di luar rumah tidak bisa memberikan ASI eksklusif pada anaknya? Pasti bisa, jika memiliki pengetahuan dan dukungan yang cukup dalam manajemen laktasi. Ya, pengetahuan dan dukungan diperlukan agar proses pemberian ASI eksklusif pada bayi yang kedua orang tuanya bekerja tidak memiliki hambatan yang berarti. oleh karena tu, penting sekali untuk mendapatkan pengetahuan dan dukungan ASI eksklusif dari lingkungan keluarga hingga lingkungan pekerjaan sejak sebelum melahirkan.

Mengapa digunakan kata orang tua, bukan ibu? Padahal yang memproduksi ASI kan ibu? Karena proses pemberian ASI tidak hanya melibatkan ibu dan bayi saja. Ayah memiliki peranan penting dalam mensukseskan pemberian ASI. Apa peranan ayah? Yang pertama, tentu memberi dukungan penuh pada istrinya memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka. Yang kedua, melindungi istri dan bayi, jika ada pihak yang kontra terhadap pemberian ASI. Yang ketiga, bersama-sama istri merawat dan mengasuh bayi.

Keterlibatan ayah dalam pemberian ASI, akan meningkatkan kepercayaan diri ibu dan lingkungan. Dengan demikian, ibu akan terhindar dari rasa tidak percaya diri, khawatir, gelisah yang dapat mengakibatkan turunnya produksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan hormon yang penting untuk pengaliran ASI.

Tips Menyusui ASI Eksklusif Bagi Ibu Yang Bekerja

  • Pahami Hak Anda Sebagai Ibu Pekerja

Bicarakan rencana menyusui bunda dengan atasan bunda jauh-jauh hari sebelum bunda kembali bekerja, bahkan sebelum bayi bunda lahir. Jangan takut untuk menyebutkan bahwa bunda akan membutuhkan area privat dan bersih dengan pintu yang memiliki kunci untuk memompa ASI.

  • Gunakan Pompa ASI

Jika bunda kembali bekerja dengan bayi ASI eksklusif (belum MPASI), memompa di siang hari cukup penting. Jangan pilih pompa ASI yang asal murah. Beli versi terbaik yang bunda mampu. Gunakan pompa ASI manual dan elektrik yang kedua produk tersebut ada pada Medela yang sesuai untuk ibu yang ingin memerah ASI nya ketika bekerja. Mudah digunakan serta ideal untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Akan dijelaskan perbedaan pompa ASI manual dan elektrik pada postingan selanjutnya, di tunggu ya bunda.

Sekitar 2 minggu sebelum bunda berencana untuk kembali bekerja, pelajari setiap fungsi onderdil dan cara kerja dari pompa ASI bunda, baca cara penggunaan dengan hati-hati sebagai sumber informasi terbaik untuk mengetahui bagaimana menggunakan pompa ASI, bagaimana untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari hasil pompa, dan cara untuk membersihkannya.

  • Buat Jadwal Menyusui/Memompa ASI

Susui bayi bunda di pagi hari sebelum berangkat kerja dan pompa segera setelah bunda sampai kantor. Bunda mungkin perlu memompa 2-3 kali setiap hari untuk membuat ASI yang cukup untuk bayi bunda saat dia bersama pengasuh di rumah. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan bunda, cairan boleh apa saja seperti : air putih, jus, susu kacang kedelai, susu kacang almond, sop sayur, daun katuk, dll.

  • Simpan di Freezer

ASI yang telah dibekukan kehilangan beberapa enzim pelindung dan antibodi yang hadir dalam ASI segar. Namun, ASI yang didinginkan masih memiliki lebih banyak antibodi dan gizi lebih tepat untuk bayi dari pada susu formula, sehingga aman dan boleh-boleh saja untuk memberikan si kecil stok ASI simpanan. Daya tahan ASIP yang disimpan disuhu ruangan 5 jam, di chiller/ kulkas 5 hari dan di freezer 5 bulan.

  • Memakai Pakaian Yang Mudah Untuk di Buka

Kenakan pakaian yang mudah untuk dibuka atau dilepas karena bunda akan sibuk membuka dan menutup baju beberapa kali sehari. Untuk memudahkan memompa, kenakan bra menyusui.

  • Siapkan di Malam Sebelumnya

Persiapkan dan kemas semua perlengkapan memompa ASI yang bunda butuhkan di malam sebelumnya : alat pompa bersih, kotak pendingin untuk menyimpan stok ASI Perah, sikat untuk mencuci botol dan pompa, botol ASI bersih, bra menyusui cadangan, tissue basah dan kering.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.