Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Apakah Ada Perawatan Khusus Untuk Payudara Saat Moms Masih Hamil & Saat Sudah Menyusui

Apakah Ada Perawatan Khusus Untuk Payudara Saat Moms Masih Hamil & Saat Sudah Menyusui?

Selama masa kehamilan pasti banyak saran untuk merawat payudara dari orang-orang sekitar agar ASI lancar ya dokter? Mulai dari mengurut payudara, menarik puting selama kehamilan, membersihkan payudara dengan berbagai minyak, menggoyang-goyangkan payudara sebelum menyusui, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk payudara selama hamil dan menyusui. Perlu diperhatikan untuk ibu hamil khususnya yang sudah menginjak kehamilan pada 3 bulan terakhir, jangan pernah menarik-narik puting agar puting keluar. Pasalnya, tindakan tersebut justru memancing kontraksi dini yang bisa mengakibatkan bayi lahir prematur. Moms juga tidak perlu membersihkan puting dan areola secara khusus bahkan sampai menggunakan cairan desinfetan atau alkohol karena hal tersebut akan membuat cairan minyak yang berada di puting areola akan hilang.

Sebenarnya, payudara wanita sudah memiliki cairan berminyak yang berguna untuk melindungi kulit moms dari gesekan saat menyusui, mengatur pH kulit payudara, melindungi dari kuman seperti bakteri, serta membantu bayi menemukan puting setelah kelahiran melalui bau cairan tersebut.

  1. Pilih dan gunakan bra yang tepat. Pemilihan bra yang tepat tidak hanya membuat moms merasa nyaman karena payudara tertopang dengan baik, tetapi juga mengurangi nyeri punggung dan menjaga bentuk payudara.
  2. Dianjurkan untuk mengoles ASI akhir atau hindmilk ke puting dan areola. Ternyata hindmilk dapat mencegah puting lecet dan mempercepat penyembuhan bagi trauma pada puting. Setelah itu, angin-anginkan payudara sebelum memakai bra kembali.

Saat sudah menyusui, baiknya moms tidak perlu mengoleskan lotion, cream dan berbagai minyak agar payudara tidak kering. Pasalnya, produk yang dioleskan tersebut selain bisa membuat cairan berminyak hilang, dapat tertelan saat si kecil menyusu, serta membuat si kecil menolak untuk menyusu akibat aroma payudara moms yang berbeda.

Tidak dianjurkan untuk melakukan treatment khusus untuk puting, seperti memutar dan menggosok dengan tujuan menguatkan puting.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.