Hi, saya dr. Willey Eliot, M.Kes.

Nama saya dr. Willey Eliot, M.Kes. dan saya adalah seorang dokter laktasi, konsultan laktasi dan konselor laktasi. How can I help? Isi pesan Anda dan klik tanda panah untuk chatting dengan saya via whatsapp.

Penyusuan - Air Susu Ibu

Air Susu Ibu – Sempurna untuk Bayi

Kegiatan menyusui merupakan pengalaman makanan pertama untuk kebanyakan bayi, dimana ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, dan merupakan satu-satunya makanan yang dibutuhkan sampai sekitar enam bulan.

Secara ideal, bayi akan tetap menikmati dan menerima manfaat dari menyusu sampai usia sekurang-kurangnya 12 bulan, atau boleh lebih lama jika diinginkan oleh ibu dan bayi. Saat ini WHO menyarankan agar ibu menyusui sampai bayi berusia 2 th.

Manfaat Menyusu untuk bayi:

  • Air susu ibu berisi khasiat yang sesuai untuk bayi pada setiap tahap perkembangannya.
  • Air susu ibu membantu melindungi bayi kecil dari penyakit, terutama infeksi saluran pencernaan, pernapasan dan telinga tengah.
  • Menyedot untuk menyusu pada bayi dapat membantu membentuk dan mempersiapkan rahang untuk gigi dan untuk berbicara.

Telah ada banyak penelitian tentang manfaat kesehatan dari air susu ibu, dimana kebanyakan penelitian dan hasilnya berkaitan dengan menyusui secara eksklusif. Air susu ibu merupakan satu-satunya makanan yang harus diberikan kepada bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya.

Ada hasil yang kukuh untuk menunjukkan bahwa menyusui melindungi bayi dari infeksi saluran pencernaan, infeksi pernapasan dan infeksi telinga tengah, dan juga mengurangi tekanan darah dan risiko obesitas pada masa kecil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa menyusui juga mengurangi efek asma dan ekzema, serta meningkatkan perkembangan intelektual dan motorik.

Ada juga penelitian tertentu untuk menunjukkan bahwa menyusui mungkin mengurangi risiko penyakit Crohn, alergi, diabetes tipe 1 dan leukemia. Efek jangka panjang dari menyusui termasuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan masalah berat badan (berat badan berlebihan dan obesitas) pada usia remaja dan dewasa.

Manfaat Menyusui untuk ibu

Tidak hanya sempurna untuk bayi, menyusui juga mempunyai manfaat perlindungan yang penting untuk ibu dimana kegiatan menyusui dapat:

  • Membantu rahim mengecil ke ukurannya sebelum hamil
  • Mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium sebelum menopause
  • Melindungi dari artritis reumatoid
  • Membantu kembali ke berat badan sebelum hamil (jika menyusui dilakukan berkelanjutan)
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2 (jika menyusui dilakukan berkelanjutan).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.